Cantumkan Link Jika Mau Copas

Diberdayakan oleh Blogger.

Trending Topik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berbagai Karakteristik Dan Jenis Zombie Bagian 1

|| || , || Leave a komentar

Jumpalitans-Berbicara tentang zombie, ternyata luas sekali, tidak seperti yang kita kira selama ini. Ada berbagai karakteristik dan jenis zombie yang perlu diketahui. Mungkin awalnya, ketika terlintas kata 'zombie', yang ada di pikiran kita adalah mayat hidup yang memakan manusia dan berjalan lambat. Hmmm, jika itu yang Anda pikirkan, maka bisa dipastikan bahwa Anda adalah target empuk bagi para zombie.

Dalam film-film klasik seperti The Night of Living Dead salah satu karya George Romero, Anda bisa menyelamatkan diri dengan berlari karena zombie-zombie itu hanya bisa berjalan pelan dan tidak sanggup berlari. Namun dalam film seperti World War Z, Anda adalah santapan empuk bagi para zombie yang tidak mengenal lelah mengejar Anda layaknya seorang sprinter dunia.


Namun, ada kesamaan mendasar dari kedua jenis zombie tersebut, yaitu mereka adalah mayat hidup yang haus daging segar dan memiliki metabolisme tubuh yang tidak normal, jadi meski tidak ada darah mengalir dalam tubuh, mereka tetap dapat bergerak. Selain itu, mereka tidak bernapas dan tetap hidup meski tenggelam dalam air atau beku. Mereka juga tetap hidup walau tubuhnya hancur, tapi mereka akan mati seketika ketika otaknya hancur. Meski demikian, jika otak belum hancur dan kepala sudah terpisah dari tubuh, mereka tetap dapat menggigit.


Bagaimana manusia dapat menjadi zombie?
Zombie telah terinfeksi oleh virus yang dapat mengubah manusia normal menjadi anggota mereka. Virus itu menular melalui darah dan cairan tubuh zombie. Dalam beberapa kasus, seperti di Resident Evil, virus tersebut adalah bagian dari eksperimen senjata biologis. Infeksi virus juga bisa melalui udara, tapi tidak langsung mengubah manusia menjadi zombie.

Manusia dapat menjadi zombie melalui infeksi udara hanya jika manusia itu mati, meski tanpa gigitan. Selama manusia itu hidup, ia tidak akan berubah menjadi zombie. Gigitan atau cakaran hanya mempercepat infeksi virus karena langsung melalui aliran darah. Dengan demikian, solusi agar tidak menjadi zombie adalah menghindar dari gigitan dan cakaran zombie serta meminum/memakan obat penawarnya. Oiya, cipratan atau tetesan darah zombie yang kena mata manusia juga dapat menginfeksi manusia, seperti dalam film 28 Days Later.

Apakah hewan dapat terinfeksi?
Pada beberapa film, seperti RE, 28 Days Later, sudah dipastikan, hewan pun dapat menjadi zombie. Namun pada beberapa film seperti Dawn of The Dead, The Walking Dead, hewan tidak terpengaruh dari infeksi virus zombie.

Apakah indera pada zombie berfungsi?
Indera pada zombie berfungsi layaknya manusia normal. Pada komik Biohazard: Last Escape (seri 1 atau 2) karangan Hui King Sum, dikatakan bahwa zombie tertarik dengan bau mesiu dan suara.


Lalu pada film World War Z di scene Israel, zombie berhasil memanjat tembok pelindung warga di dalamnya. Hal itu terjadi setelah sebelumnya warga yang selamat bernyanyi-nyanyi dengan menggunakan pengeras suara. Atau ketika koper terjatuh di scene dalam pesawat terbang. Kejadian itu membuktikan bahwa zombie dapat mendengar sekelilingnya.


Penglihatan pun sudah pasti berfungsi, jika tidak bagaimana mereka bisa mengejar manusia dan melewati berbagai rintangan di depan, seperti memanjat tembok atau membuka pintu.

Apakah mereka bisa berpikir?
Zombie pada dasarnya adalah jasad manusia yang mati kemudian bangkit lagi akibat virus pada umumnya. Manusia pun berpikir bahwa zombie tidak dapat berpikir. Jika kita perhatikan dalam beberapa film, ada cara-cara yang ditempuh zombie untuk mendapatkan mangsanya, seperti memanjat tembok (WWZ), bersembunyi (scene di dalam pesawat dalam WWZ), menaiki tangga, (RE, Shaun of the Dead, Dawn of The Dead, dll).

Selain itu, dalam film RE: Extinction, ada zombie yang dapat berpikir dan mengetahui bagaimana menggunakan kamera. Meski pada akhirnya tujuan mereka adalah makan, makan, dan makan manusia.

Karena itu, dapat diambil kesimpulan, zombie pada dasarnya dapat berpikir meski tidak berpikir layaknya manusia normal. Berpikirnya zombie adalah hanya untuk mendapatkan mangsanya saja, bukan untuk mencari uang, apalagi mencari jodoh.

Eh, tapi di ending film Shaun of the Dead, ada zombie yang dipekerjakan sebagai karyawan toko bahkan si Ed, temannya Shaun, tokoh utama, bisa bermain game meskipun dia sudah jadi zombie.

bersambung...

ref gambar:
the-red-queen-umbrella.blogspot.com
darksidecostumes.org
www.tasteofcinema.com
          

/[ 0 komentar Untuk Artikel Berbagai Karakteristik Dan Jenis Zombie Bagian 1]\

Posting Komentar