Cantumkan Link Jika Mau Copas

Diberdayakan oleh Blogger.

Trending Topik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tips Aman Cari Jodoh di Internet

|| || || Leave a komentar
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTWDYmyFmFMl8CipapevFnlPOPrby3WmtuKoBSQGcT1A3mJ-nGrUQ
Di zaman serba canggih ini, mencari pasangan atau jodoh sah-sah saja dilakukan melalui internet. Bahkan sudah banyak bertebaran situs jodoh online, atau memanfaatkan social media yang ada, seperti Facebook, Twitter, dll. Namun yang perlu diperhatikan adalah kewaspadaan dengan kemungkinan ditipu atau menjadi korban kejahatan.

Lalu, bagaimana agar bisa mencari jodoh di internet dengan aman dan nyaman? Dan meminimalisir menjadi korban tindak kejahatan. Baiklah, ini ada 10 tips praktis:

1. Hati-hati memasang foto sendiri
Jangan pakai foto yang terlalu vulgar dan menggoda karena itu bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab untuk merendahkan martabat Anda. Selain itu  hanya akan membuat imej Anda buruk.

2. Pilih layanan jodoh yang bereputasi
Carilah situs jodoh online yang bisa dipercaya dan punya reputasi, jika ingin bergabung dan mencari jodoh lewat situs tersebut. Dengan demikian bisa meminimalisir bertemu dengan pihak tak bertanggungjawab. Selain itu, carilah rekomendasi melalui teman, atau tanyalah pada orang yang sudah memanfaatkan situs tersebut. Googling dahulu dengan keyword nama layanan tersebut sehingga akan didapat referensi berguna. Jangan lupa juga membaca baik-baik aturan mainnya, dan bagaimana mereka menjaga privasi anggotanya.

3. Jangan mudah diidentifikasi
Jangan memperlihatkan alamat rumah, tempat kerja, nomor telepon, di profil Anda. Gunakan sistem pengiriman pesan yang disediakan situs yang bersangkutan jika ingin mengirim pesan. Cukup melalui fasilitas itu saja Anda saling berkiriman pesan dengan teman Anda. Hindari memasang nama lengkap karena bisa dengan mudah dilacak.

4. Realistis dalam membaca profil orang

Jangan mudah percaya atau terhanyut fantasi saat ada lawan jenis yang membuatmu kagum dengan profilnya. Berinteraksilah, tetapi tetap menjaga jarak, dan jangan berharap.

5. Kopdar dengan aman

Usahakan berada di tempat publik yang aman ketika ketemuan atau kopdar dengan salah satu "calon". Pastikan ada yang tahu Anda akan bertemu dengan siapa dan di mana, agar mereka bisa mengontak Anda jika terjadi sesuatu. Laporkan ke pengelola situs jodoh, jika ada hal yang tidak menyenangkan saat kopdar. Begitu kandidat yang Anda jumpai menyimpan banyak kebohongan, tinggalkan dia.

6. Anda bisa pergi kapan Anda mau

Andai kopdar tak berjalan sesuai harapan, tak perlu ragu untuk tegas menyatakan bahwa ia bukan tipe Anda. Stop semua bentuk komunikasi dengan dia, daripada membuang waktu dan energi.

7. Pelan-pelan saja

Tak perlu terburu-buru mengajaknya berkomitmen ketika merasa bertemu orang yang tepat. Ingat, internet penuh dengan predator yang siap memangsa mereka yang lengah. Berikan "calon" Anda waktu untuk membuktikan kebenaran identitas, maksud baik, dan sebagainya.

8. Laporkan para scammer dan predator segera

Segera laporkan mereka yang pengelola situs ketika Anda tertipu oleh "calon" Anda.

9. Dimintai uang? Laporkan
Jika teman kencan Anda meminjam atau bahkan meminta uang atau materi lain, maka jelaslah sudah motifnya motif ekonomi. Motif ekonomi sering menjadi alasan mengapa ada scammer dan predator. Laporkan segera sebelum semakin bertambah parah.

10. Merasa terancam? Ambil jalur hukum

Bukan tak mungkin bertemu psikopat atau kriminal akut di dunia maya, lalu berlanjut ke dunia nyata. Biasanya mereka tak akan menyerah begitu saja jika ditolak. Jika ada ancaman atau bahkan kekerasan menimpa Anda, segera laporkan pihak berwenang, dan jangan ragu ajukan tuntutan hukum.

/[ 0 komentar Untuk Artikel Tips Aman Cari Jodoh di Internet ]\

Posting Komentar