Cantumkan Link Jika Mau Copas

Diberdayakan oleh Blogger.

Trending Topik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berkunjung Ke Data Center Google

|| || || Leave a komentar
Jumpalitans-Google, siapa yang tidak kenal website itu sekarang? Tempat melakukan pencarian berbagai informasi. Pernah membayangkan bagaimana Google dalam bentuk nyata? Nah, biar tidak penasaran, mari kita telusuri isi data center Google.

Google menempatkan data center di beberapa negara, antara lain USA, Finlandia, Belgia. Ada total delapan data center di negara-negara itu. Selain itu, Google juga sedang membangun beberapa data center di Hong Kong, Taiwan, Singapore dan Chili.

Foto-foto di bawah ini adalah data center yang terletak di Oregon, USA.


Ruang di atas bukanlah pintu masuk tempat dugem, melainkan network room lalu lintas koneksi. Kabel kuning yang terlihat adalah kabel jenis fiber optic yang kecepatan koneksinya 200.000 kali kecepatan koneksi rumah-rumah di USA. Wah, kalau di Indonesia mungkin bisa 500.000 kalinya, hehe. Katanya, kabel seperti itu hanya dimiliki oleh Google.


Saking banyaknya jumlah server, data center Council Bluffs memiliki ruang seluas 115.000 kaki persegi. Hal ini dimaksudkan agar user dapat browsing dengan leluasa dan melakukan searching dengan cepat.



Konstruksi atap pun dirancang agar mendukung data center bekerja dengan optimal. Selain itu desain rangka seperti yang terlihat di atas juga berperan dalam mendistribusikan tenaga yang dibutuhkan data center.


Pipa-pipa air di atas diberi warna agar teknisi tidak kebingungan ketika dilakukan maintenance. Pipa biru menyalurkan air dingin, pipa merah menyalurkan air panas kembali ke pendingin.


Gambar di atas adalah network room di data center Council Bluffs. Yang unik, tempat itu dikelilingi oleh plastik untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas. Udara dingin datang dari saluran udara yang dihembuskan dari lantai.


Kabel berwarna-warni di atas dimaksudkan agar lebih mudah dalam maintenance. 


Setiap server diberi lampu LED sebagai indikator. Warna biru memberi arti bahwa server berjalan dengan baik. LED dipilih karena awet, murah, dan cerah.


Foto di atas adalah ruangan server data center yang berada di Finlandia. Gedung bekas pengolahan kertas dipilih sebagai ruang server karena sirkulasi udaranya yang baik.


 Ini adalah ruang tape library. Di sini Google melakukan back up data.



Rak server ini memiliki empat switch dan masing-masing diwakili oleh kabel yang berlainan warna.


Sirkulasi udara dengan sistem canggih dirancang seperti lorong pesawat luar angkasa.


Tanki putih itu berfungsi untuk menampung sekitar 900.000 liter air. Peranan tanki ini sangat vital karena air dalam tangki itu berguna untuk mendinginkan data center.


Inilah data center yang terletak di Oregon, USA. Asap yang terlihat berasal dari tower pendingin.


Google ternyata sayang binatang loh, tuh  ada rusa-rusa di halaman data center Google.


Seorang teknisi bernama Mike Obahma sedang mengambil komponen-komponen motherboard server yang rusak untuk di daur ulang.

sumber gambar: wonderfulengineering.com
 
/[ 0 komentar Untuk Artikel Berkunjung Ke Data Center Google ]\

Posting Komentar